Senin, 07 Februari 2011

Usulan Ibukota Negara Dipindahkan Ke Jayapura

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Sugeng Sarjadi Syndicate, Dr Sukardi Rinakit, di Jakarta, Selasa, mengungkapkan pemikiran geostrategis dan geopolitiknya, dengan mengusulkan pemindahan ibukota negara ke Jayapura.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi semakin 'crowded'-nya kondisi Jakarta yang semakin bermasalah dengan bencana banjir, keakutan kemacetan lalu lintas serta hambatan-hambatan transportasi udara maupun laut.



"Ibukota pindah saja ke Jayapura. Jadi, langsung menghadap ke Samudera Pasifik. Ini secara geopolitik, posisinya langsung di Pasifik Barat (ke Asia Timur, Australia, New Zealand dan tinggal nyeberang jika mau ke Amerika Serikat," kata Sukardi Rinakit.

Sebelumnya secara terpisah Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Tjahjo Kumolo, menegaskan pemerintah pusat harus segera mengambil alih perencanaan dan pembangunan Jakarta, atau secepatnya menentukan alternatif ibukota pemerintahan baru yang setidaknya tak ada hambatan-hambatan rutin, seperti banjir kronis serta kemacetan akut.

"Pembangunan Jakarta kalau masih tetap sebagai ibukota negara RI, dengan melihat realitas di lapangan, seharusnya diambil alih perencanaan dan pembangunannya oleh pemerintah pusat, namun pengelolaannya tetap oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dan satu hal lagi, tidak bisa setengah-setengah pembangunannya," tegasnya.

Baik Sukardi Rinakit maupun Tjahjo Kumolo, sama-sama prihatin dengan keadaan kota Jakarta yang kembali mengalami banjir pada 1 Februari 2008 lalu dengan ekses berganda pada kemacetan lalu lintas darat, terganggunya ratusan jadual penerbangan dalam maupun luar negeri, serta ikut mengacaukan kegiatan pelabuhan laut maupun jaringan kereta api se-Jawa.

Malahan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kena dampak banjir, sehingga iring-iringan mobil kepresidenan tidak bisa menembus Jalan Thamrin pada Jumat (1/2) lalu, tepatnya di depan pusat pertokoan Sarinah, lalu Presiden pun akhirnya pindah mobil.

Praktis sejak pada hari Jumat (1/2) itu, transportasi darat, udara dan laut dari, ke, maupun di Jakarta benar-benar terganggu.

Sumber :
http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=6831&Itemid=701

1 komentar:

  1. JUAL FILM DEWASA (VIDEO PORNO ) DALAM BENTUK HARDISK, FLASDISK, DAN MEMORI CARD, KASET DVD.
    Sms/pemesanan;
    SMS : 08224391465
    Pin bb : 2B9B8FE3
    *TIDAK MENERIMA TELEPON !!*
    contak emal. pusptaayuk9@gmal.com
    Website: http://dvdbokep1.blogspot.co.id/ pilih judul film di https://bokepmurah.blogspot.com

    BalasHapus